Cara Mengirim Tulisan

  1. Karya yang dikirim belum pernah dipublikasikan, baik cetak ataupun digital.
  2. Setiap naskah yang dimuat akan mendapatkan fee: cerpen/cerkak Rp100.000; puisi/geguritan Rp100.000; esai Rp100.000; resensi Rp100.000; dan feature sastrawi (tokoh, berita, perjalanan) Rp100.000.
  3. Jika dalam waktu sebulan sejak pengiriman tidak dimuat atau tidak mendapat informasi rencana pemuatan maka naskah dinyatakan tidak lolos seleksi.
  4. Ketentuan cerpen: (i) tema bebas tidak mengandung SARA, (ii) style pengucapan, aliran, eksplorasinya tidak dibatasi, (iii) panjang cerpen minimal 4 halaman, dan (iv) diketik dalam 1.5 spasi (margin 4 atas, 3 bawah, 4 kiri, 3 kanan).
  5. Ketentuan puisi: (i) tema bebas, (ii) style pengucapan, aliran, tidak diikat, (iii) genre puisi tidak ditentukan, dan (iv) (dikirim 5-10 puisi per pengiriman).
  6. Ketentuan esai: (i) bersifat ilmiah-populer, (ii) analitik-teoritik, tajam, dan reflektif, (iii) gaya penyajian ringan dan bernas, (iv) panjang minimal 3 halaman 1.5 spasi (margin 4 atas, 3 bawah, 4 kiri, 3 kanan).
  7. Ketentuan pengiriman resensi: (i) Panjang resensi buku 3-4 halaman, (ii) 1.5 spasi (margin 4 atas, 3 bawah, 4 kiri, 3 kanan), (iii) menyertakan cover buku, (iv) buku bisa dari penerbit mana pun, dan (v) usia terbit buku tidak lebih satu tahun.
  8. Ketentuan feature: (i) bersifat naratif-faktual, (ii) bisa tentang tokoh, berita, dan perjalanan sastrawi, (iii) menyertakan foto yang representatif, dan (iv) panjang minimal 3 halaman 1.5 spasi (margin 4 atas, 3 bawah, 4 kiri, 3 kanan).
  9. Naskah dikirim ke surel:  lensasastra21@gmail.com dengan subjek sesuai dengan jenis naskah (PUISI/CERPEN/ESAI/RESENSI BUKU/FEATURE).
  10. Penulis menyertakan IDENTITAS: nama, nomor dan nama pemilik rekening, akun media sosial, foto pribadi (RILEKS), dan keterangan lain yang dipandang perlu (informasi diri diletakkan di halaman terakhir naskah, bukan di badan surel atau di file terpisah).
  11. Fee akan ditransfer paling lambat satu minggu setelah pemuatan.
  12. Penulis tidak dilarang mengirimkan naskah sebanyak mungkin, selama lulus kurasi oleh tim suku jaga sehingga akan sering dimuat.